Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking pada Bank Syariah
DOI:
https://doi.org/10.62070/persya.v1i2.11Keywords:
Minat Nasabah, Mobile Banking, Bank SyariahAbstract
Pertumbuhan pesat dalam teknologi informasi telah mengubah paradigma layanan perbankan, mengarah pada inovasi seperti mobile banking yang menjadi fokus utama bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam mengadopsi layanan mobile banking pada bank syariah. Dalam konteks ini, persepsi nasabah terhadap teknologi, tingkat kepercayaan terhadap keamanan transaksi, kegunaan layanan, dan kemudahan penggunaan menjadi fokus utama. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada nasabah bank syariah yang aktif menggunakan layanan mobile banking. Kuesioner dirancang berdasarkan literatur terkait, dan validitasnya diuji melalui uji pre-test. Sampel penelitian dipilih secara acak dari populasi nasabah yang telah mengadopsi mobile banking. Teknik analisis data melibatkan regresi untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel-variabel kunci. Hasil analisis menyoroti peran sentral kepercayaan nasabah dalam menentukan minat mereka untuk mengadopsi layanan mobile banking. Kepercayaan terhadap keamanan transaksi, persepsi kegunaan layanan, dan tingkat kemudahan penggunaan teknologi mobile banking secara signifikan mempengaruhi minat nasabah. Implikasi temuan ini memberikan wawasan penting bagi bank syariah dalam merancang strategi pemasaran dan pengembangan layanan untuk meningkatkan adopsi mobile banking di kalangan nasabahnya. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terutama dalam konteks bank syariah, di mana keterbatasan penelitian sebelumnya menunjukkan kebutuhan akan pemahaman mendalam tentang dinamika yang memengaruhi penerimaan teknologi oleh nasabah. Dengan demikian, penelitian ini bukan hanya memberikan wawasan teoritis, tetapi juga memberikan pandangan praktis yang dapat membantu bank syariah meningkatkan layanan mobile banking mereka agar lebih sesuai dengan harapan dan kebutuhan nasabah.
References
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50: 179-211.
Bateni. (2014). “The Influential Factors On Capital Adequacy Ratio In Iranian Banks”. International Journal of Economics and Finance Vol 6 No 11. Pp 108-116.
Calantone, R. J., Griffith, D. A. & Yalcinkaya, G., (2006). An Empirical Examination of a Technology Adoption for the Context of China. Journal of International Marketing, pp. 1-27.
Davis,F.D. (1989). “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology”. MIS Quarterly.Vol. 13 No. 5: pp319-339.
Fadlan, Abi dan Rizki Yudhi Dewantara. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Mobile Banking Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 62 No. 1 September 2018.
Fattah, H., Riodini, I., Hasibuan, S. W., Rahmanto, D. N. A., Layli, M., Holle, M. H., ... & Marzuki, S. N. (2022). Fintech dalam Keuangan Islam: Teori dan Praktik. Publica Indonesia Utama.
Fishbein, M, & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Reading, MA: Addison-Wesley.
Gatignon, H. & Robertson, T. S., (1989). Technology Diffusion: An Empirical Test of Competitive Effects. Journal of Marketing, Issue 53, pp. 35-49.
Husni, K., & Halim Fairol. (2016). The Intention to Use E-Money Transaction in Indonesia based on Tam and TPB Concept. Asia-Pacific Marketing Review, 3(1), 53–57.
Jogiyanto, (2007). Sistem Informasi Keprilakuan. Edisi Revisi penyunt. Yogyakarta: Andi Publisher.
Keat, K.T. & Mohan, A. (2004). Integration Of TAM Based Electronic Commerce Models For Trust. The Journal Of American Academy Of Business. Cambridge.
Khaled. (2013). “Determinants Of Capital Adequacy In Commercial Banks Of Jordan An Empirical Study”.
International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences. Vol 2 No 4. Pp 44-58.
Nafi’Hasbi, C. I. M. Z., & Al Farisi, M. S. (2022). Perbankan Tentang ICT: Relevansi Penyelesaian Sengketa Online Dalam Industri Perbankan Syariah di Indonesia. Fintech dalam Keuangan Islam: Teori dan Praktik.
Panggiarti, E. K., & Al Farisi, M. S. (2022). Analisis Mudharabah Deposit pada Perbankan Syariah: Metode VAR. In Prosiding SEMINAR NASIONAL & CALL FOR PAPER Fakultas Ekonomi (pp. 335-349).
Prihatini, A., Al Farisi, M. S., & Ferdinand, N. (2023). The Effect of Halal Label and Product Quality of Purchase Decisions Halal Cosmetic Product Ms Glow. International Journal of Sharia Business Management, 2(2), 89-95.
Utarinda, D., Haryadi, R. N., Al Farisi, M. S., Nurjaya, N., & Sunarsi, D. (2022). Perencanaan Bisnis dan Analisis Pembibitan Kedelai di Purwakarta (Studi Kasus Pelaku Usaha Kedelai). Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 4(1), 80-85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mohamad Salman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.