Upaya Pencegahan Tingkat Kekerasan di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini di Kober Al-Muhajirin Cibatu
DOI:
https://doi.org/10.62070/attamkiim.v1i2.222Keywords:
Kekerasan, Lingkungan PaudAbstract
Saat ini dunia pendidikan mulai dicemari kasus-kasus negatif yang sering dialami suatu lembaga pendidikan anak usai dini baik berupa kekerasan fisik atapun non fisik pada siswa ataupun guru. Sekolah yang seharusnya menjadi tempat yang menyenangkan serta aman bagi anak untuk menempuh pendidikan malah sebaliknya sering terjadi hal- hal yang tidak diinginkan seperti kekerasan verbal, fisik, sosial bahkan seksual. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada guru dan orang tua mengenai upaya pencegahan tingkat kekerasan di lingkungan pendidikan anak usia dini di Kober Al-Muhajirin Cibatu Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode library research, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil Pengabdian adalah bahwa upaya pencegahan tingkat kekerasan di lingkungan pendidikan anak usia dini dilakukan oleh 3 faktor pendukung, yaitu; orang Tua, lembaga pendidikan PAUD dan masyarakat. Orang Tua harus membentuk dan menerapkan pendidikan dan penanaman adab yang baik di lingkungan rumah sebagai upaya pencegahan tindak kekerasan yang dilakukan di lingkungan rumah. Lembaga pendidikan di lingkungan PAUD harus membentuk kondisi lingkungan yang aman, nyaman dan ramah terhadap anak dan terhindar dari tindak kekrasan kepada anak baik dari kekeran verbal, fisik, psikis bahkan kekerasan seksual. Masyarakat juga harus mendorong dan menciptakan kepedulian sosial jika menemukan dan memperhatikan prilaku tindakan yang mengandung unsur kekerasan di sekitar lingkungannya.
References
Hasibuan, R. A. (2024, JUni). Upaya Pencegahan Kekerasan TerhadapAnak. Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum dan Ilmu Komunikasi, 1, 1.
Kartono, K. (1992). Peran Keluarga Memandu Anak. Jakarta: Rajawali Press.
Krisna, L. A. (2018). Anak merupakan investasi masa depan yang harus dijaga, dilindungi sertadiarahkan ke hal-hal positif sehingga kedepannya anak mampu menjadi penerusperjuangan bangsa yang mampu membawa bangsa Indonesia dalamkejayaan. Perspektif tentang pengertian anak adala. Yogyakarta: Deepublis.
Muhyani. (2012). Pengaruh Pengasuhan Orang Tua Dan Peran Guru Di Sekolah Menurut Persepsi Murid Terhadap Kesadaran Religius Dan Kesehatan Mental,. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia.
Penny Naluria Utami, Y. P. (2022). Upaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Kebijakan Publik, Hak Asasi Manusia Dan Keadilan (SEMNASKUM 2022). Jakarta.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rochmawati, N. I. (2018, September). Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Usia Dini di TK IT Bintang Kecil Kota Semarang. PERNIK, 1, 105.
Vilta Biljana Bernadethe, &. Y. (2018). Tinjauan Psikologi Hukumdalam Perlindungan Anak,. Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anidah Inayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.