Tari Kreatif Untuk Guru Inovatif Di Kec. Selaawi Garut

Authors

  • Reni Rahmawati STAI Siliwangi Garut, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62070/attamkiim.v1i2.223

Keywords:

Kata-kata kunci: tari kreatif ; guru inovatif ; pendidikan anak usia dini

Abstract

Pembelajaran tari kreatif untuk anak usia dini (PAUD) bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, keterampilan motorik, serta kemampuan ekspresi diri anak melalui gerakan tubuh. Namun, banyak guru PAUD yang menghadapi tantangan dalam mengajarkan tari secara inovatif, disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam mengajarkan tari yang sesuai dengan perkembangan anak. Hal ini mengarah pada kebutuhan akan pelatihan yang memadai bagi guru PAUD untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengajarkan tari secara menyenangkan dan sesuai usia anak. Pelatihan tari kreatif yang terinspirasi oleh stimulus alam sekitar di Kecamatan Selaawi, Garut, bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru PAUD guna meningkatkan kemampuan mereka dalam mengajarkan tari kreatif. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini mencakup ceramah, demonstrasi, dan diskusi. Pelatihan ini mendorong guru untuk menggunakan elemen alam sebagai inspirasi gerak, yang diharapkan dapat merangsang kreativitas, meningkatkan keterampilan motorik, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan bagi anak. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para guru menjadi lebih percaya diri, inovatif, dan termotivasi untuk mengimplementasikan tari kreatif dalam pembelajaran, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat PAUD. Pembelajaran tari kreatif tidak hanya mengembangkan aspek fisik dan motorik anak, tetapi juga kemampuan kognitif, sosial, dan emosional mereka, serta memperkenalkan nilai-nilai penting dalam kehidupan seperti kerjasama, disiplin, dan rasa percaya diri.

 

Abstract

Creative dance learning for early childhood education (PAUD) aims to develop children's creativity, motor skills, and self-expression abilities through body movements. However, many PAUD teachers face challenges in teaching dance innovatively due to limited knowledge and skills in teaching dance that aligns with children's developmental stages. This leads to the need for adequate training for PAUD teachers to enhance their ability to teach dance in an enjoyable and age-appropriate manner. The creative dance training inspired by the stimuli from the surrounding nature in Selaawi District, Garut, aims to provide training for PAUD teachers to improve their ability to teach creative dance. The methods used in this training include lectures, demonstrations, and discussions. This training encourages teachers to use natural elements as movement inspiration, which is expected to stimulate creativity, improve motor skills, and provide a more enjoyable learning experience for children. The results of the training showed that the teachers became more confident, innovative, and motivated to implement creative dance in their teaching, which in turn improved the quality of education at the PAUD level. Creative dance learning not only develops children's physical and motor skills but also their cognitive, social, and emotional abilities, while introducing important values in life such as cooperation, discipline, and self-confidence.

 

References

Antara, P. A., Putu, N., Dewi, S., Nyoman, N., Ari, C., Pendidikan, F. I., Ganesha, U. P., Kreatif, T., & Tari, S. (2023). STIMULASI TARI KREATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK. 8(1), 76–84.

Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2020). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD DALAM. 03(04), 366–371.

Diri, P., Usia, A., Komang, I. G., Agus, A., & Riyadi, A. R. (2018). Model Pembelajaran Tari Kreatif untuk Meningkatkan. 2(1), 25–34.

Dwi, F., Santana, T., Hartono, H., Narawati, T., Cahyono, A., & Indra, R. (2002). Inovasi Model Pembelajaran Seni Tari Bagi Anak Usia Dini di Era Digital. 407–411.

Haryadi, R. (2024). Kreativitas berinovasi pada guru seni di era digital. 87–95.

Latifah, L. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak dalam Pembelajaran Seni Tari melalui Strategi Belajar Sambil Bermain Di RA Al Hikmah Doroampel Kecamatan Sumbergempol …. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 01, 1–15. http://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jpip/article/view/1064

Nuraeni, L., Jumiatin, D., & Westhisi, S. M. (2022). Abdimas Siliwangi Abdimas Siliwangi. 5(2), 338–348.

Siregar, S. D., Nur, K., & Wahyuni, A. (2021). WAWASAN SENI TARI BAGI CALON PENDIDIK ANAK. 1(1), 40–56.

Topeng, T., Sebagai, K., Komunikasi, M., & Bagi, V. (2023). Setyaki. 1, 84–95.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wulandari, H., Muqodas, I., Maranatha, J. R., & Nikawanti, G. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN HARIAN ( RPPH ) MENGGUNAKAN TARI KREATIF BAGI GURU PAUD. 3(14), 156–161.

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Rahmawati, R. (2024). Tari Kreatif Untuk Guru Inovatif Di Kec. Selaawi Garut. Attamkiim: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 99–110. https://doi.org/10.62070/attamkiim.v1i2.223