Membangun Masyarakat Produktif Dan Inovatif Berbasis Nilai-Nilai Keagamaan Dan Teknologi Di Era Disrupsi

Authors

  • Muhammad Fawwaz Hawari Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia
  • Mukhammad Khanif Alghifari Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia
  • Muhamad Fauji Afriyansah Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia
  • Resma Nurwati Siam Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia
  • Nur Vadilla Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Rafly Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia
  • Ratih Safitri Tomagola Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia
  • Devi Julianti Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia
  • Engga Jalaludin Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia
  • Nur Majdina Universitas Darunnajah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62070/attamkiim.v2i1.236

Keywords:

Masyarakat Produktif, Inovasi, Nilai Keagamaan, Teknologi

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Darunnajah Jakarta di Kelurahan Petukangan Utara bertujuan untuk membangun masyarakat yang produktif dan inovatif berbasis nilai-nilai keagamaan dan teknologi di era disrupsi. Program KKN ini melibatkan berbagai bidang, termasuk pendidikan, keagamaan, sosial, dan lingkungan, dengan metode intervensi sosial berbasis analisis SWOT. Kegiatan yang dilakukan meliputi Baca Tulis Qur’an (BTQ), hafalan hadis, kajian keislaman, pemberantasan sarang nyamuk, senam ceria, kerja bakti, serta seminar. Keberhasilan program ini ditunjang oleh partisipasi aktif masyarakat, dukungan perangkat desa, serta keterampilan mahasiswa dalam pengelolaan kegiatan sosial. Hasil dari KKN menunjukkan peningkatan kesadaran masyarakat dalam pendidikan keagamaan, kebersihan lingkungan, serta penerapan inovasi berbasis teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, program ini berkontribusi dalam membentuk masyarakat yang lebih berdaya dan siap menghadapi tantangan di era digital.

References

Arifin, Zainal. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Bumi Aksara, 2019, hlm. 120-125.

Muhaimin, Asep. Pendidikan Islam: Tantangan dan Harapan Masa Depan. Malang: UIN Maliki Press, 2021, hlm. 150-155.

Muharam, A., Pahala, L., Kamaludin, G. F., Lestari, P. A., & Tunggal, C. (2024). Optimalisasi Penafsiran Metafora Al-Quran Dalam Program Pendampingan Guru Pesantren:-. Attamkiim: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11-20.

Priyono, Bambang. Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Sosial. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2017, hlm. 95-100.

Setiawan, Rudi. Metode Pengabdian kepada Masyarakat: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish, 2019, hlm. 130-135.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2018, hlm. 75-80.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2020, hlm. 45-50.

Suyanto, Slamet. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi di Sekolah.

Syahrin, Alwi. Menyelami Nilai-Nilai Keislaman dalam Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2020, hlm. 200-205.

Wibowo, Agus. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Pendidikan Nonformal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2022, hlm. 210-215.

Yogyakarta: UNY Press, 2021, hlm. 85-90.

Downloads

Published

2025-06-12

How to Cite

Hawari, M. F., Alghifari, M. K., Afriyansah, M. F., Siam, R. N., Vadilla, N., Rafly, M., … Majdina, N. (2025). Membangun Masyarakat Produktif Dan Inovatif Berbasis Nilai-Nilai Keagamaan Dan Teknologi Di Era Disrupsi. Attamkiim: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.62070/attamkiim.v2i1.236