Pengenalan Technopreneurship Melalui Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Pemasaran Digital Bagi Siswa SMA 1 Barunawati Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.62070/attamkiim.v2i1.242Keywords:
Technopreneurship, Media Sosial, Pemasaran Digital, Kewirausahaan, Siswa SMAAbstract
Banyak siswa SMA 1 Barunawati Jakarta yang belum memahami pemanfaatan media sosial secara maksimal untuk tujuan kewirausahaan dan pemasaran digital. Media sosial yang seharusnya menjadi alat efektif untuk promosi dan pemasaran masih sering digunakan untuk hiburan dan komunikasi pribadi. Hal ini menjadi tantangan besar dalam membekali generasi muda dengan keterampilan yang relevan untuk menghadapi dunia usaha yang semakin berbasis digital. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan program pengenalan mengenai technopreneurship melalui optimalisasi media sosial sebagai sarana promosi dan pemasaran digital. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai penggunaan media sosial secara strategis untuk membangun merek dan memasarkan produk di dunia digital. Metode yang digunakan dalam program ini mencakup survei awal untuk mengukur pemahaman siswa, diikuti dengan pelatihan interaktif yang meliputi teori pemasaran digital, pembuatan konten kreatif, dan pengelolaan akun bisnis di media sosial. Praktik langsung berupa simulasi kampanye pemasaran digital juga dilakukan untuk memberikan pengalaman praktis kepada siswa. Dengan pelatihan ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan dalam memanfaatkan media sosial untuk tujuan pemasaran yang lebih efektif. Selain itu, siswa diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang technopreneurship dan pemasaran digital untuk merintis usaha mereka sendiri, serta memiliki kesiapan yang lebih baik dalam menghadapi tantangan di dunia kerja digital yang kompetitif.
References
Arianto, N., Sunarsi, D., Hamsinah, H., Kasmad, K., & Asmalah, L. (2024). Unlocking Consumer Growth in Marketplaces: The Power of Artificial Intelligence Marketing and Human Resources Excellence. International Journal of Artificial Intelligence Research, 8(1.1).
Aziz, T., Haryadi, R. N., Riyanto, S., & Hm, U. (2023). The Effect of Marketing Mix and Brand Image towards Interest of Students at Riyadlul Jannah Islamic High School Jonggol. International Journal of Sharia Business Management, 2(2).
Costa, R. O. (2024). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui Technopreneurship Bagi Peserta Didik Sma 7 Bekasi. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(3), 992-1002.
El Hasan, S. S., Suratminingsih, S., & Haryadi, R. N. (2024). Pelatihan pembuatan video promosi pada komunitas pedagang daring di Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 4(1), 15-20.
Gani, A. W., Sakawati, H., Syarifuddin, S., & Tadampali, A. C. T. (2024). TECHNOPRENEURSHIP: PELATIHAN PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA MIKRO DI KELURAHAN MACCINI KECAMATAN MAKASSAR: DIGITAL MARKETING. Paramacitra Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 77-82.
Junaedi, S. R. P., & Edmond, D. (2024). Successful digital marketing techniques for business development. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 3(1), 19-25.
Khan, F., & Siddiqui, K. (2023). The importance of digital marketing. An exploratory study to find the perception and effectiveness of digital marketing amongst the marketing professionals in Pakistan.
Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh promosi dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.
Syahputra, H. E., & Purba, R. C. (2025). TECHNOPRENUERSHIP DALAM MENDUKUNG PROGRAM PEMERINTAH DALAM MENAMBAH JUMLAH WIRAUSAHAWAN. Tour Abdimas Journal, 4(1), 32-38.
Widjajanti, K., & Jumbri, I. A. (2025). Technopreneurship, innovation capability and social media marketing as catalysts for competitive advantages: A study of batik MSMEs in Pekalongan, Indonesia. Multidisciplinary Science Journal, 7(8), 2025367-2025367.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yudisti Prayigo Permana, Ikhwan Fauzi, Ananda Syarif Hidayatullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.