Pemanfaatan Penggunaan Sosial Media Dengan Bijak Dalam Teknologi Informasi Di Era Digital Di SMK Media Informatika
DOI:
https://doi.org/10.62070/attamkiim.v2i1.243Keywords:
Literasi Digital, Media Sosial, Etika Digital, Identitas Pribadi, Pengabdian Kepada MasyarakatAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan kesadaran etika penggunaan media sosial di kalangan siswa SMK Media Informatika, Tangerang Selatan. Program luring dilaksanakan pada tanggal 30 April 2025 dengan melibatkan dosen dan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Universitas Pamulang. Tema yang diangkat adalah "Pemanfaatan Media Sosial Secara Bijak di Era Teknologi Informasi dan Digitalisasi". Materi yang disampaikan meliputi literasi digital, etika media sosial, dan strategi membangun identitas pribadi melalui platform digital. Hasil penelitian menunjukkan antusiasme yang tinggi di kalangan siswa dan peningkatan pemahaman mereka tentang pemanfaatan media sosial yang positif. Evaluasi melalui kuesioner menunjukkan bahwa kegiatan tersebut memberikan dampak yang signifikan terhadap perilaku dan pola pikir digital siswa. Program ini merekomendasikan pendidikan berkelanjutan, pengawasan aktif dari guru dan orang tua, dan pengembangan komunitas digital yang positif di lingkungan sekolah.
References
Ahmad, K. R., Amir, L. S., & Hapipi, M. (2024). Pengaruh media sosial terhadap pola komunikasi dan hubungan sosial dalam kalangan generasi Z. Sanskara Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(02), 85–94.
Anwar, C., Harits, A., & Handijono, A. (2025). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Membangun Identitas Diri Sebagai Strategi Personal Branding:(Studi Kasus: SMKS IPTEK Tangerang Selatan). JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 3(1), 27–32.
Handayani, K. W. (2024). Pengaruh Media Sosial Bagi Proses Belajar Siswa. Daiwi Widya, 10(3), 133–142.
Iswaratama, A. (2024). Peran Komunitas Virtual Dalam Mendorong Interaksi Sosial Di Era Digital. HISTORICAL: Journal, 3(1).
Juniarty, S., Asariunnazwa, A. Z., & Rachman, I. F. (2024). Mewujudkan Literasi Digital Pada Generasi Z: Tantangan Dan Peluang Menuju Pendidikan Berkualitas Sdgs 2030. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 166–180.
Niam, M. F., Rumahlewang, E., Umiyati, H., Dewi, N. P. S., Atiningsih, S., Haryati, T., Magfiroh, I. S., Anggraini, R. I., Mamengko, R. P., & Fathin, S. (2024). Metode penelitian kualitatif.
Siahaan, F. S., Rasyiddin, A., & Nugroho, I. T. (2024). Sosialisasi Media Sosial dengan Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Personal Branding Pada SMA Negeri 6 Tigaraksa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(2), 107–113.
Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E. R., Arika, D., Hayati, N., Hasibuan, N. A., & Permana, B. G. (2024). Peranan Media Sosial Instagram terhadap Interaksi Sosial dan Etika pada Generasi Z. Journal on Education, 6(2), 11029–11037.
Sulistiyowati, L., & Muharsih, L. (2025). Sosialisasi Literasi Digital Mengenai Etika Dalam Penggunaan Media Sosial Dan Komunikasi Online. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 4(1), 4957–4962.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ardijan Handijono, Chairul Anwar, Abdurrahman Harits

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.