Pemanfaatan Penggunaan Sosial Media Dengan Bijak Dalam Teknologi Informasi Di Era Digital Di SMK Media Informatika

Authors

  • Ardijan Handijono Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Chairul Anwar Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Abdurrahman Harits Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62070/attamkiim.v2i1.243

Keywords:

Literasi Digital, Media Sosial, Etika Digital, Identitas Pribadi, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan kesadaran etika penggunaan media sosial di kalangan siswa SMK Media Informatika, Tangerang Selatan. Program luring dilaksanakan pada tanggal 30 April 2025 dengan melibatkan dosen dan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Universitas Pamulang. Tema yang diangkat adalah "Pemanfaatan Media Sosial Secara Bijak di Era Teknologi Informasi dan Digitalisasi". Materi yang disampaikan meliputi literasi digital, etika media sosial, dan strategi membangun identitas pribadi melalui platform digital. Hasil penelitian menunjukkan antusiasme yang tinggi di kalangan siswa dan peningkatan pemahaman mereka tentang pemanfaatan media sosial yang positif. Evaluasi melalui kuesioner menunjukkan bahwa kegiatan tersebut memberikan dampak yang signifikan terhadap perilaku dan pola pikir digital siswa. Program ini merekomendasikan pendidikan berkelanjutan, pengawasan aktif dari guru dan orang tua, dan pengembangan komunitas digital yang positif di lingkungan sekolah.

References

Ahmad, K. R., Amir, L. S., & Hapipi, M. (2024). Pengaruh media sosial terhadap pola komunikasi dan hubungan sosial dalam kalangan generasi Z. Sanskara Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(02), 85–94.

Anwar, C., Harits, A., & Handijono, A. (2025). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Membangun Identitas Diri Sebagai Strategi Personal Branding:(Studi Kasus: SMKS IPTEK Tangerang Selatan). JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 3(1), 27–32.

Handayani, K. W. (2024). Pengaruh Media Sosial Bagi Proses Belajar Siswa. Daiwi Widya, 10(3), 133–142.

Iswaratama, A. (2024). Peran Komunitas Virtual Dalam Mendorong Interaksi Sosial Di Era Digital. HISTORICAL: Journal, 3(1).

Juniarty, S., Asariunnazwa, A. Z., & Rachman, I. F. (2024). Mewujudkan Literasi Digital Pada Generasi Z: Tantangan Dan Peluang Menuju Pendidikan Berkualitas Sdgs 2030. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 166–180.

Niam, M. F., Rumahlewang, E., Umiyati, H., Dewi, N. P. S., Atiningsih, S., Haryati, T., Magfiroh, I. S., Anggraini, R. I., Mamengko, R. P., & Fathin, S. (2024). Metode penelitian kualitatif.

Siahaan, F. S., Rasyiddin, A., & Nugroho, I. T. (2024). Sosialisasi Media Sosial dengan Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Personal Branding Pada SMA Negeri 6 Tigaraksa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(2), 107–113.

Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E. R., Arika, D., Hayati, N., Hasibuan, N. A., & Permana, B. G. (2024). Peranan Media Sosial Instagram terhadap Interaksi Sosial dan Etika pada Generasi Z. Journal on Education, 6(2), 11029–11037.

Sulistiyowati, L., & Muharsih, L. (2025). Sosialisasi Literasi Digital Mengenai Etika Dalam Penggunaan Media Sosial Dan Komunikasi Online. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 4(1), 4957–4962.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Handijono, A., Anwar, C., & Harits, A. (2025). Pemanfaatan Penggunaan Sosial Media Dengan Bijak Dalam Teknologi Informasi Di Era Digital Di SMK Media Informatika. Attamkiim: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 58–64. https://doi.org/10.62070/attamkiim.v2i1.243