Sosialisasi Iot Dan Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Untuk Meningkatkan Efektifitas Promosi Iklan Dengan Generative AI
DOI:
https://doi.org/10.62070/attamkiim.v2i1.249Keywords:
Industri 4.0, Internet of Things, Artificial Intelligence, Generative AI, Promosi DigitalAbstract
Perkembangan pesat teknologi digital pada era Industri 4.0 menghadirkan tantangan sekaligus peluang dalam dunia pendidikan vokasi, khususnya dalam penguatan literasi teknologi informasi di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pemanfaatan Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI), khususnya Generative AI, belum sepenuhnya dioptimalkan oleh siswa sebagai media pembelajaran dan pengembangan keterampilan kreatif, melainkan masih dominan digunakan untuk hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa SMK dalam memanfaatkan teknologi IoT dan Generative AI guna mendukung efektivitas promosi iklan digital. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif-deskriptif melalui kegiatan pelatihan berbasis pengabdian masyarakat yang dilakukan secara langsung kepada 22 siswa SMK BINUSA Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data meliputi pre-test, post-test, observasi partisipatif, dan evaluasi umpan balik peserta. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif untuk mengukur perubahan pengetahuan dan sikap peserta. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep IoT dan Industri 4.0, serta keterampilan praktis dalam penggunaan Generative AI untuk pembuatan konten iklan. Pelatihan ini juga mendorong terbentuknya sikap positif siswa dalam memanfaatkan teknologi secara produktif. Kesimpulan penelitian ini mengonfirmasi bahwa pelatihan berbasis praktik langsung efektif dalam meningkatkan literasi teknologi siswa SMK dan berkontribusi pada penguatan kesiapan mereka menghadapi tantangan era Industri 5.0.
References
Admin. (2021). Iklan produk: Pengertian, fungsi, jenis, contoh dan tips membuatnya. https://accurate.id/marketing-manajemen/iklan-produk-pengertian-fungsi-jenis-contoh-dan-tips-membuatnya/
Ayuniah, P. (2018). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, iklan, dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah (Studi kasus pada mahasiswi jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma yang mengambil kuliah di Kampus Depok). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22(3).
Diven, D., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh kualitas produk, iklan, dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian di Shopee. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 6(2), 1509–1516.
El Hasan, S. S., Suratminingsih, S., & Haryadi, R. N. (2024). Pelatihan pembuatan video promosi pada komunitas pedagang daring di Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 4(1), 15-20.
Faris, M. (2024). Menggali potensi kreatif dalam rencana kampanye periklanan. https://www.kompasiana.com/parisaulia2864/66b341eeed64153757467c23/menggali-potensi-kreatif-dalam-rencana-kampanye-periklanan
Khutami, J. Q., et al. (2024). Pengaruh artificial intelligence terhadap customer (Survey pada pengguna aplikasi Spotify di Jatinangor). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 13(2), 510–517.
Lorinda, I. P., & Amron, A. (2023). Pengaruh kualitas produk, iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Tolak Angin Sidomuncul di Kota Semarang. MBIA, 22(1), 53–64.
Losung, Y. H., Wenas, R. S., & Arie, F. V. (2022). Pengaruh kualitas produk, iklan, dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen pengguna kartu prabayar Telkomsel di Kecamatan Pasan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 401–411.
Maihani, S., et al. (2023). Peran kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam inovasi pemasaran. Warta Dharmawangsa, 17(4), 1651–1661.
Mardiyanto, D., & Giarti, S. (2019). Analisis strategi komunikasi pemasaran merchandise di Kedai Digital 8 Solo (Studi kasus strategi komunikasi pemasaran). Surakarta Management Journal, 1(1), 43.
Masdaner, R., & Ruliana, P. (2021). Electronic word of mouth dan brand image dalam minat beli layanan aplikasi musik Spotify. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2), 356–373.
Netti, S. Y. M., & Irwansyah, I. (2018). Spotify: Aplikasi music streaming untuk generasi milenial. Jurnal Komunikasi, 10(1), 1.
Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh promosi dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.
Salwa, A., et al. (2024). Strategi pemasaran aplikasi Spotify dalam global Spotify’s global marketing strategy. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 2(3), 100–108. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i3.3403
Suharyono, & Astuti, A. S. (2020). The impact of brand image, product quality, price, and promotion on premium plan purchase decisions on the Spotify music streaming app. Focus, 1(1), 1–11.
Syahputra, E., Tanjung, N. F., Fatimah, D., Husna, A., & Aulia, W. (2022). Analisis kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam penjualan produk iklan di Indonesia. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 285–288.
Ully, M., Baharuddin, A., Manuhutu, A., & Widoyo, H. (2023). Penerapan kecerdasan buatan dalam sistem informasi: Tinjauan literatur tentang aplikasi, etika, dan dampak sosial. Review Pendidikan dan Pengajaran, 6, 3–7. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/20719/14884.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andri Krisna Wijaya, Budi Santoso, Damal Lihan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.