Optimalisasi Penafsiran Metafora Al-Quran Dalam Program Pendampingan Guru Pesantren
-
DOI:
https://doi.org/10.62070/attamkiim.v1i1.65Keywords:
Metafora Al-Qur'an, Teori Lakoff, Teori Relevansi, Pendidikan IslamAbstract
Dalam konteks pendidikan Islam, pemahaman terhadap metafora Al-Qur'an memiliki signifikansi penting untuk memperkaya praktik pendidikan dan mendalami wawasan spiritual. Penelitian ini menginvestigasi penafsiran metafora Al-Qur'an dengan menggunakan teori metafora dari Lakoff dan teori relevansi dari Sperber dan Wilson. Kajian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan dalam literatur ilmiah dengan mengintegrasikan teori linguistik kognitif ke dalam studi Islam. Metode penelitian melibatkan wawancara mendalam dengan ulama Islam serta analisis tekstual terhadap ayat-ayat Al-Qur'an yang dipilih. Analisis data difokuskan pada identifikasi metafora struktural dan konseptual, serta evaluasi relevansinya dalam konteks pendidikan Islam. Temuan penelitian ini mengungkapkan interpretasi mendalam terhadap metafora Al-Qur'an, yang meningkatkan pemahaman ajaran Islam di kalangan ulama dan pendidik. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap diskusi teoritis mengenai penggunaan bahasa metaforis dalam teks keagamaan, serta memberikan implikasi praktis bagi metode pengajaran dan pembelajaran dalam pendidikan Islam. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memperkaya literatur akademis tetapi juga menawarkan pendekatan baru untuk memahami dan mengajarkan ajaran Islam secara lebih mendalam.
Kata kunci: metafora Al-Qur'an, teori Lakoff, teori relevansi, pendidikan Islam
Abstract
In the context of Islamic education, understanding the metaphors in the Qur'an holds significant importance for enriching educational practices and deepening spiritual insights. This study investigates the interpretation of Qur'anic metaphors using Lakoff's metaphor theory and Sperber and Wilson's relevance theory. This research aims to fill a gap in the scholarly literature by integrating cognitive linguistic theories into Islamic studies. The research method involves in-depth interviews with Islamic scholars and textual analysis of selected Qur'anic verses. Data analysis focuses on identifying structural and conceptual metaphors and evaluating their relevance in the context of Islamic education. The findings of this study reveal profound interpretations of Qur'anic metaphors, enhancing the understanding of Islamic teachings among scholars and educators. This research makes a significant contribution to theoretical discussions on the use of metaphorical language in religious texts and offers practical implications for teaching and learning in Islamic education. Thus, this study not only enriches the academic literature but also provides new approaches to understanding and teaching Islamic teachings more deeply.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Amin, M. N. (2023). Membumikan Tradisi Pesantren di Masyarakat: Relevansi Efektivitas Sorongan Al-Quran Terhadap Perubahan Sosial di Desa Banjarejo Lampung Timur. Bulletin of Indonesian Islamic Studies, 2(2), 59–71.
Creswell, J. W. (2018). Research Desain.
Eldin, A. A. T. S. (2014). A Cognitive Metaphorical Analysis of Selected Verses in the Holy Quran. International Journal of English Linguistics, 4(6), 16.
Firdausiyah, U. W. (2021). Modernisasi Penafsiran Al-Quran Dalam Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka. Jurnal Ulunnuha, 10(1), 65–77.
Lakoff, G., & Johnson, M. (2008). Metaphors We Live (hal. 129).
Muzayyin. (2015). Resepi Hermeunetika dalam Penafsirab Al-Qur’an oleh M.Quraissh Shihab.
Nurbayan, Y. (2011). Implikasi Hermeneutis Dan Pedagogis Perbedaan Pemahaman Ayat-Ayat Kinayah Dalam Al-Qur’an. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 4(2). https://doi.org/10.18860/ling.v4i2.595
Saraswati, Y. (2022). Kategorisasi Kinayah dalam Juz 30 (Studi Analisis Ilmu Bayan). ‘ A Jami Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 11(1), 36–37.
Sperber, W. (2000). Relevance: Communication and Cognition. In Second Language Research (Vol. 16, Nomor 1). https://doi.org/10.1191/026765800673158592
Ulum, M. (2019). Pembinaan Kompetensi Ustadz Madrasah Diniyah melalui Program Tarbiyatul Mu’allimin di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Ar-Rosyidiyah Mambaul Ulum Pangarengan Sampang. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 137–158.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asep Muharam Asep, Lamlam Pahala, Gufron Faoj Kamaludin, Putri Ayu Lestari, Candria Tunggal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.