Pengembagan Keterampilan Sosial Anak Dalam Komunikasi Dan Kerjasama
DOI:
https://doi.org/10.62070/attamkiim.v1i1.69Keywords:
Pengembangan Keterampilan Sosial Anak, Komunikasi, Kerja Sama, Orang Tua, SeminarAbstract
Pengembangan keterampilan sosial pada anak merupakan aspek krusial dalam perkembangan mereka. Keterampilan ini tidak hanya mencakup kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama, tetapi juga mempengaruhi cara anak berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya stimulasi optimal dalam pengembangan keterampilan sosial anak, khususnya dalam konteks komunikasi dan kerja sama. Seminar tentang Pengembangan Keterampilan Sosial Anak dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman mendalam kepada orang tua tentang peran mereka dalam membantu anak mengembangkan kemampuan sosialnya. Kegiatan seminar, yang dihadiri oleh 34 orang tua dari TK Cendekia Insani, fokus pada upaya meningkatkan pemahaman orang tua tentang pentingnya interaksi sosial anak-anak dengan teman sebaya dan lingkungan sekitar. Materi seminar mencakup strategi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak-anak dan mendorong mereka untuk berinteraksi secara lebih aktif. Evaluasi setelah kegiatan menunjukkan bahwa seminar berhasil meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya peran mereka dalam merangsang perkembangan sosial anak. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa partisipasi orang tua dalam memahami dan mendukung perkembangan keterampilan sosial anak sangat penting. Mereka tidak hanya belajar tentang strategi untuk membantu anak-anak dalam komunikasi dan kerja sama, tetapi juga mengapresiasi dampak positif yang ditimbulkan dari kegiatan ini terhadap kemampuan anak-anak dalam berinteraksi di lingkungan sekolah dan di rumah
References
Abidin, Z., Fatonah, I., & Septiyana, L. (2019). Pola Pengembangan Potensi Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Anak Penyandang Autisme. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 95–116.
Azis, F., Risfaisal, R., & others. (2021). Interaksi sosial anak autis di sekolah inklusi (studi sosiologi pada sekolah inklusi di Kota Makassar). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 77–85.
Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui origami. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61–72.
Iswahyudi, M. S., Iskandar Zulkarnain, S. E., Hamidah Rosidanti Susilatun, M. E. M., Robial, F. E. D., Hendry Rumengan, M. M., Ch, D., Wangania, I., Mei Hastuti, S. E., Sugiharti, S. E., Purnomo, K. D. M., & others. (2023). Pengantar Manajemen Konflik. Cendikia Mulia Mandiri.
Kusuma, L., Dimyati, D., & Harun, H. (2021). Perhatian orang tua dalam mendukung keterampilan sosial anak selama pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 373–491.
Wahib, N. (2023). UPAYA GURU DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA/REMAJA: Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 81–106.
Wulandari, M. S. (2022). Seni Bermain Anak-Anak Kreatif dan Impresif. NOKTAH.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Rika Juita, Siti Rohmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.