Peran Media Sosial Dalam Perkembangan Keagamaan Anak Usia Remaja
DOI:
https://doi.org/10.62070/kaipi.v3i1.228Keywords:
Media Sosial, Perkembangan Keagamaan Remaja, Konten Keagamaan DigitalAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi peran media sosial dalam perkembangan keagamaan remaja di era digital, dengan fokus pada analisis studi literatur. Penelitian ini mengkaji berbagai artikel dan jurnal untuk memahami bagaimana media sosial memengaruhi pemahaman dan praktik keagamaan remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memainkan peran signifikan dalam penyebaran informasi keagamaan, memperluas pengetahuan agama, dan memperkuat komunitas keagamaan di kalangan remaja. Platform seperti YouTube, Instagram, dan platform lainnya menjadi sumber utama bagi remaja untuk mengakses konten keagamaan. Namun, penelitian ini juga menyoroti tantangan yang muncul akibat penggunaan media sosial, seperti kesulitan dalam memilah informasi yang akurat dan risiko terpapar konten yang membingungkan. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan pentingnya bimbingan dari orang tua, pendidik, dan komunitas dalam memastikan penggunaan media sosial yang bijak dan produktif dalam konteks keagamaan. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa media sosial memiliki potensi besar untuk mendukung perkembangan keagamaan remaja, asalkan penggunaannya dilakukan dengan bijak dan didampingi oleh pihak yang dapat memastikan kebenaran informasi serta dampak positifnya bagi perkembangan spiritual dan sosial remaja.
References
Febriani, S. R., & Desrani, A. (2021). PEMETAAN TREN BELAJAR AGAMA MELALUI MEDIA SOSIAL. 14(2).
Leu, B., Tinggi, S., Islam, A., Stai, (, & Kupang, ). (2022). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGANTISIPASI DAMPAK PERKEMBANGAN IPTEK (Studi Penggunaan Media Sosial Pada Anak Sebagai Bagian dari Kemajuan Iptek). In Jurnal Elkatarie Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial (Vol. 5, Issue 1). www.google.com,
Luthfia, A. (2025). Peran Media Sosial terhadap Pengetahuan Keagamaan Remaja Muslim. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 117–124. https://doi.org/10.61132/moral.v2i1.529
Marti, A., Nuzuli, A. K., & Firtanosa, A. (2022). Peran Video Dakwah di Youtube dalam Meningkatkan Kesadaran Keagamaan pada Remaja di Era Digital. In Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 5, Issue 2).
Mufti Prasetiyo, S., Gustiawan, R., & Rizzel Albani, F. (2024). BIIKMA : Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia Analisis Pertumbuhan Pengguna Internet Di Indonesia. 2(1). https://jurnalmahasiswa.com/index.php/biikma
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sepanjang, P., & Kehidupan, R. (2019). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Penebar Media Pustaka (Lukman, Ed.; 1st ed.). Penebar Media Pustaka.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Suryana, E., Ika Hasdikurniati, A., Alawiya Harmayanti, A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), Vol.8 No.3. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.3494/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME
Widiana1, A., & Rusliana2, I. (2024). Peran Media Sosial Terhadap Regiliusitas Remaja Melalui Pendekatan Kualitatif Deskriptif. WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Volume VIII No.1. https://doi.org/10.51590/waraqat.v8i1.000
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wahyudin Wahyudin, Tresna Ridwan Firmansyah, Haedar Rahman, Lukman Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.