Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa di Madrasah Aliyah Aulia Bogor
DOI:
https://doi.org/10.62070/kaipi.v3i1.261Keywords:
Inovasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, TeknologiAbstract
Inovasi pembelajaran berbasis teknologi telah menjadi salah satu solusi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa di Madrasah Aliyah Aulia Bogor, khususnya dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan inovasi teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta dampaknya terhadap pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus di Madrasah Aliyah Aulia Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran PAI, seperti pemanfaatan aplikasi pembelajaran, video pembelajaran, serta platform digital interaktif, dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam memahami materi agama Islam. Inovasi teknologi juga memberikan kemudahan akses informasi serta mendukung pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Selain itu, siswa dapat belajar secara mandiri dengan dukungan media digital yang kaya akan sumber belajar. Dengan demikian, inovasi teknologi tidak hanya mempermudah proses belajar mengajar, tetapi juga efektif dalam meningkatkan kualitas pemahaman siswa terhadap materi PAI. Penelitian ini menyarankan agar sekolah terus mengembangkan dan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa
References
Al-Ma’uf, A. I., & Nugrahani, F. (2017). Pengkajian sastra. Surakarta: CV. Djiwa Amarta.
Amalia, D. R. (2019). Linguistik perspektif Ferdinand De Saussure dan Ibn Jinni. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 2(02), 163–182.
Andriani, R. (2020). Teknologi dalam pembelajaran: Meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif. Jurnal Pendidikan Teknologi, 6(1), 14–22.
Arief, M. (2019). Pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 112–120.
Dwi, P. (2017). Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan: Suatu kajian literatur. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), 45–58.
Firdaus, M. (2020). Tantangan penggunaan teknologi dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 3(1), 29–41.
Hajar, S. (2019). Kendala guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 92–105.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Zainuddin, Z., & Sulistyo, A. (2018). Penggunaan teknologi dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 67–75.
Siti Hajar, S. (2019). Pengaruh teknologi terhadap pembelajaran agama Islam di madrasah. Jurnal Pendidikan Agama, 7(3), 159–172.
Arief, I. (2018). Penerapan aplikasi pembelajaran dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 12(4), 255–269.
Rahayu, S., & Hidayati, N. (2020). Pembelajaran berbasis digital: Evaluasi dan tantangan di sekolah-sekolah agama. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(2), 134–145.
Prasetyo, D., & Muliawati, N. (2021). Teknologi dan pendidikan agama Islam: Solusi dan tantangannya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(4), 76–85.
Nurhayati, E., & Yuliana, F. (2017). Pengaruh video pembelajaran terhadap pemahaman materi agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 55–64.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Komarudin Komarudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.