Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Model Jigsaw Kelas 5 (Lima) Di SD Negeri 08 Gadut Kecamatan Tilatang Kamang

Authors

  • Rika Jutavia Guru Pendidikan Agama Islam, SDN 08 Gadut. Kabupaten Agam, Indonesia
  • Jannatul Aini Guru Pendidikan Agama Islam, SDN 08 Gadut. Kabupaten Agam, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62070/kaipi.v2i2.266

Keywords:

Hasil Belajar, Jigsaw, PAI

Abstract

Pendidikan Agama Islam selama ini cenderung menggunakan metode dan pendekatan yang monoton sehingga proses pembelajaran kurang menarik dan kurang aktif. Hasil penelitian ini menjawab berbagai masalah tentang aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penerapan jigsaw di kelas 5 ( Lima ) di SD Negeri 08 Gadut, serta peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan empat tahap pelaksanaan; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode jigsaw pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah SWT meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas 5 ( Lima ) di SD Negeri 08 Gadut pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Berhasilnya penerapan metode jigsaw diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I, aktivitas guru mendapat nilai rata rata 2,50 dengan kategori cukup baik, aktivitas siswa mendapat nilai rata 3,00 dengan kategori baik dan hasil belajar siswa memperoleh nilai ketuntasan 75% dengan nilai tidak tuntas 25%. Pada siklus II aktivitas guru mendapat nilai rata rata 3,00 dengan kategori baik, aktivitas siswa mendapat nilai rata 3,60 dengan kategori sangat baik dan hasil belajar siswa memperoleh nilai ketuntasan 90% dengan nilai tidak tuntas 10%. Siswa lebih aktif dan terampil dalam proses pembelajaran. Guru lebih terampil, variatif dalam kegiatan mengajar, penggunaan metode. Kesimpulannya model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah SWT

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

Putra Daulay, Haidar. 2016. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Ed.1. Cet. 1. Jakarta: Kencana

Rosana. 2019. Belajar Penulis PTK. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia,.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

S. Margono. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rhineka Cipta,.

Sulastri, Eti. 2019. Aplikasi Metode Pembelajaran. Majalengka: Quepedia..

Syahputra, Edy. 2020. Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana,.

Wahyuni, Endang Sri. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. yogyakarta: Deepublis

Downloads

Published

28-09-2024

How to Cite

Jutavia, R., & Aini, J. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Model Jigsaw Kelas 5 (Lima) Di SD Negeri 08 Gadut Kecamatan Tilatang Kamang. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 81–88. https://doi.org/10.62070/kaipi.v2i2.266