Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mat Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Mengenal Nama Allah Dan Kitab-Kitab-Nya Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i2.268Keywords:
Efisiensi Pendidikan, Hasil Belajar, Picture and Picture, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 04 Lembah Melintang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi Nama Allah dan Kitab-Nya melalui penerapan model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat partisipatif dan kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 04 Lembah Melintang dengan jumlah 20 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Sebelum penerapan model picture and picture, hasil belajar siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata 66,5 dan persentase ketuntasan klasikal hanya 20%. Pada siklus I, terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 74,5 dan persentase ketuntasan 60%, meskipun belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah (75%). Peningkatan yang lebih signifikan terjadi pada siklus II, di mana nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 95%, sehingga penelitian dapat dihentikan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan respon siswa pada mata pelajaran PAI di SDN 04 Lembah Melintang.
References
Ahmd Mustafa Al-Maraghi. 1989. Tafsir AL-Maraghi. Semarang; CV Tohaputra Semarang, h. 260-261.
Ananda Rusyidi, Dkk. 2017. Inovasi Pendidikan. Medan; CV Widya Puspita
Aqib Zainal, Dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrahma Widia
Arikunto Suharsimi, Dkk. (2017). Peneliian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Agama Islam. Bandung: CV Pustaka Setia
Axiom Jurnal Pendidikan dan Matematika. 2013. Medan: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAINSU. Vol II No. 1.
Bakar A Rosdiana. (2008). Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Ciptapustaka Media
Cahyani Isah. (2012). Model Pembelajaran Agama Islam. Jakarta Daulay Haidar Putra. (2014). Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana
Dipl Zuhri, TAFL dkk. (1992). Sunan At Tarmidzi Juz IV. Semarang, CV Asy-Syifa’.
Hamalik Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamdani. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia
Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada Jaya Farida. (2015). Perencanaan Pembelajaran. Medan:
Jihat Asep, Abul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Mardianto. (2012). Psikologi Pendidikan.Medan: Perdana Publishing
Nasution Wahyudin Nur. (2017). Stategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing
Nata Abuddin. 2010. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta; PT Rajagrafindo Persada, h. 157.
Purwandi Retno. (2015). Buku Pintar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Istana Media
Purwanto Nanag. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Karisma Putra Utama
Salim, Dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Perdana Publishing
Sanjaya Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana
Solihatin Etin. (2012). Strategi Pembelajaran PKN. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sumardi. (2002). Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Grasindo
Syah Muhibin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Uno B Hamzah, Nurdin Mohammad. (2014). Belajar Dengan Pendekatan Paikem. Jakarta: PT Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Risna Risna, Alfajri Alfajri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.