Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mat Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Mengenal Nama Allah Dan Kitab-Kitab-Nya Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Di Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Risna Risna SDN 04 Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Indonesia
  • Alfajri Alfajri SDN 04 Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i2.268

Keywords:

Efisiensi Pendidikan, Hasil Belajar, Picture and Picture, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 04 Lembah Melintang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi Nama Allah dan Kitab-Nya melalui penerapan model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat partisipatif dan kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 04 Lembah Melintang dengan jumlah 20 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Sebelum penerapan model picture and picture, hasil belajar siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata 66,5 dan persentase ketuntasan klasikal hanya 20%. Pada siklus I, terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 74,5 dan persentase ketuntasan 60%, meskipun belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah (75%). Peningkatan yang lebih signifikan terjadi pada siklus II, di mana nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 95%, sehingga penelitian dapat dihentikan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan respon siswa pada mata pelajaran PAI di SDN 04 Lembah Melintang.

References

Ahmd Mustafa Al-Maraghi. 1989. Tafsir AL-Maraghi. Semarang; CV Tohaputra Semarang, h. 260-261.

Ananda Rusyidi, Dkk. 2017. Inovasi Pendidikan. Medan; CV Widya Puspita

Aqib Zainal, Dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrahma Widia

Arikunto Suharsimi, Dkk. (2017). Peneliian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Agama Islam. Bandung: CV Pustaka Setia

Axiom Jurnal Pendidikan dan Matematika. 2013. Medan: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAINSU. Vol II No. 1.

Bakar A Rosdiana. (2008). Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Ciptapustaka Media

Cahyani Isah. (2012). Model Pembelajaran Agama Islam. Jakarta Daulay Haidar Putra. (2014). Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana

Dipl Zuhri, TAFL dkk. (1992). Sunan At Tarmidzi Juz IV. Semarang, CV Asy-Syifa’.

Hamalik Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamdani. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada Jaya Farida. (2015). Perencanaan Pembelajaran. Medan:

Jihat Asep, Abul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Mardianto. (2012). Psikologi Pendidikan.Medan: Perdana Publishing

Nasution Wahyudin Nur. (2017). Stategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing

Nata Abuddin. 2010. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta; PT Rajagrafindo Persada, h. 157.

Purwandi Retno. (2015). Buku Pintar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Istana Media

Purwanto Nanag. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Karisma Putra Utama

Salim, Dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Perdana Publishing

Sanjaya Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Solihatin Etin. (2012). Strategi Pembelajaran PKN. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sumardi. (2002). Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Grasindo

Syah Muhibin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Uno B Hamzah, Nurdin Mohammad. (2014). Belajar Dengan Pendekatan Paikem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Downloads

Published

29-09-2023

How to Cite

Risna, R., & Alfajri, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mat Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Mengenal Nama Allah Dan Kitab-Kitab-Nya Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Di Kelas V Sekolah Dasar. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), 72–89. https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i2.268