Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Mengajarkan Doa-Doa Harian Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.62070/kaipi.v3i1.270Keywords:
Media audio visual, doa harian, anak usia dini, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran doa-doa harian pada anak usia dini. Latar belakang penelitian berangkat dari kebutuhan akan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang lebih menarik dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak, mengingat metode konvensional sering menimbulkan kebosanan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di salah satu TK Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual berupa video animasi doa harian mampu meningkatkan konsentrasi, mempercepat hafalan, serta memotivasi anak untuk mempraktikkan doa dalam kehidupan sehari-hari. Guru merasa terbantu karena media ini mempermudah proses pengajaran, sedangkan orang tua melaporkan adanya peningkatan kebiasaan doa anak di rumah. Kendala yang dihadapi terutama terkait keterbatasan sarana teknis seperti perangkat proyektor dan kualitas audio. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media audio visual efektif sebagai strategi pembelajaran doa harian di PAUD, karena memberikan pengalaman belajar multisensori yang menyenangkan sekaligus membentuk pembiasaan religius anak. Temuan ini mengimplikasikan perlunya dukungan sarana dari sekolah dan keterlibatan orang tua dalam melanjutkan pembiasaan di rumah. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan kajian perbandingan dengan metode lain atau memanfaatkan aplikasi digital Islami berbasis mobile untuk mendukung pembelajaran doa secara berkelanjutan
References
Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Raja Grafindo Persada.
Amrozi, S. R. (2019). Formulasi Kepemimpinan Pendidikan (Perspektif Teori Kepemimpinan dalam Dokrtin Al-Qur’an). JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(1), 23–40. https://doi.org/10.35719/jieman.v1i1.9
Arman, S. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Petunjuk Penelitian Dan Penulisan Laporan.
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–99.
Fitriani, A. (2021). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 112–120.
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui bermain. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 47–58.
Mansur. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks: Sage.
Nugraha, I. (2019). Efektivitas Video Animasi Islami dalam Pembelajaran PAI pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 45–56.
Nur Utami, E. (2020). Teori Belajar Humanistik Dan Implementasinya Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal MUDARRISUNA, 10(4), 571–584.
Priyanto. (2017). Landasan Psikologis Pengembangan Kurikulum PAI. Jurnal El-Hamra.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rahman, F. (2018). Pembelajaran Doa Harian untuk Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
sugiyono. (2014). metode penelitian kuantitatif, kualitatif & R&D. Alfabet.
Sutopo, A. H. (2021). Penelitian Kualitatif dengan NVivo. Topazart.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Risman Oktob, Riya Anggelina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.