Melampaui Ambisi Pribadi: Mengubah Kepemimpinan dalam Pendidikan dari Agenda yang Didorong oleh Ego

Authors

  • Tedy Sutandy Komarudin Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi, Garut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i1.4

Keywords:

Pemimpin, Kepemimpinan, Ego, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini mengulas studi literatur terkait pentingnya mengubah kepemimpinan dalam pendidikan agar tidak didorong oleh ambisi pribadi dan ego. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan berbasis pelayanan dan kolaboratif memiliki dampak positif pada prestasi siswa, hubungan antar anggota tim, dan iklim pendidikan secara keseluruhan. Temuan penelitian juga menekankan pentingnya integritas, etika, dan pengelolaan ego dalam kepemimpinan yang efektif. Kepemimpinan yang mencerminkan nilai-nilai etika mampu memberikan contoh yang baik bagi siswa dan anggota tim. Selain itu, pengelolaan ego yang baik membantu pemimpin dalam pengambilan keputusan yang lebih bijaksana dan membangun hubungan yang harmonis. Studi literatur juga menyoroti perlunya perubahan budaya organisasi menuju kepemimpinan yang inklusif dan kolaboratif. Budaya yang mendorong partisipasi aktif, komunikasi terbuka, dan kerja sama tim berkontribusi pada peningkatan pencapaian siswa dan kepuasan anggota tim. Dalam rangka memajukan pendidikan, penting bagi pemimpin pendidikan untuk melampaui ambisi pribadi dan menerapkan pendekatan kepemimpinan yang berfokus pada pelayanan, kolaborasi, nilai-nilai etika, dan pengelolaan ego yang baik. Dengan demikian, dapat tercipta lingkungan pendidikan yang inklusif, partisipatif, dan mendukung perkembangan holistik siswa.

References

Arisanti, R., & Sauri, S. (2022). Analisis Kebijakan Program Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Partisipasi Orang Tua dan Masyarakat. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(1), 103–124. https://doi.org/10.47467/mk.v22i1.2061

Azah, N., Fatih, M. Al, & Abror, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Pendahuluan. Jurnal Sinestesia, 13(1), 66–73.

Cyrious, C., & Adriana, E. (2023). Faktor Komunikasi Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 194–206.

Damayanti, D., Hutasoit, E., Natasya, F., Situmorang, K., Maya, M., Sihombing, N., Hutasoit, R., Tarigan, W., & Perangin-angin, L. M. (2023). Manajemen Berbasis Sekolah dalam peningkatan mutu belajar. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 6(1), 136–144.

Daulay, A. S. (2023). Kepemimpinan Kolaboratif Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tim Pengajar di Sekolah Dasar Negeri 100950 Aek Tolong, Padang Lawas Utara. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 134–145.

Fitriyah, I., & Santosa, A. B. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 65. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3538

Juwaini. (2023). Manajemen Pendidikan Ekstrakurikuler dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MI Kresna Madiun. IAIN Ponorogo.

Karuru, P. (2013). Pentingya Kajian Pustaka Dalam Penelitian. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–9. http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/view/149

Kurniawan, M. A., & Hikmah, F. N. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Strategi Everyone is a Teacher Here. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 157. https://doi.org/10.30659/jpai.5.2.157-169

Lestari, A. S. (2021). MEREDUKSI KONFLIK DALAM ORGANISASI ( Fenomena Konflik di Lembaga Pendidikan Yayasan ) konflik di lembaga pendidikan Yayasan dan kegiatan proses pembelajaran dapat bagi kesehatan mental individu agar dapat membawa keberlangsungan dalam. Transformasi Kepemimpinan Pendidikan Dalam Meneguhkan Islam Modera, 7–9.

Maharani, S. D. M., Lestari, E., & Destiana, A. L. (2022). Korelasi Antara Manajemen Konflik dengan Kolaborasi Interprofesi pada Pendidikan Interprofesi di Puskesmas. … Unissula (KIMU) Klaster …, 126–138.

Marlinda, P., & Dermawan, M. K. (2020). Kontrol Sosial oleh Perusahaan Sebagai Upaya Pencegahan Praktik Pelanggaran Kode Etik Agen Asuransi terhadap Nasabah. Deviance Jurnal Kriminologi, 4, 1–20. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/deviance/article/view/1308

Purwanto, A., Tukiran, M., Asbari, M., Hyun, C. C., Santoso, P. B., & Wijayanti, L. M. (2020). Model Kepemimpinan Di Lembaga Pendidikan: a Schematic Literature Review. Journal of Industrial Engineering & Management Research (Jiemar), 1(2), 2722–8878. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2

Rahmadi, Wening, N., & Sujoko, M. S. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DAN KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 IMOGIRI). Jurnal Ekobis Dewantara, 6(2), 437–452.

Ramadan, F., Awalia, H., Wulandari, M., Nofriyadi, R. A., Sukatin, & Amriza. (2022). Manajemen Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(4), 70–82.

RIDHO, M. A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Efektif di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 3(2), 114. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p114-129

Sahri, Fatoni, A., & Maunah, B. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di Lembaga Pendidikan Islam. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 6(1), 35–55.

Setiawan, I., & Supardi. (2023). Kepemimpinan Pendidikan dalam Sekolah/Madrasah (Educational Leadership in Schools/Madrasah). JURNAL INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1), 58–66.

Sridadi. (2022). MODEL KEPEMIMPINAN KIAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islam Surakarta ) KARAKTER SANTRI ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islam Surakarta ).

Sukardi. (2021). Implementasi Inovasi Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam MULTIDISIPLIN, 1(1), 204.

Sulaeha, R. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah. Administrasi Pendidikan III, 2, 245–256.

Wungu, D. (2022). Modal Sosial dalam Keterpilihan Perempuan Calon Gubernur: Studi Kasus Karolin Margret Natassa di Kalimantan Barat dan Khofifah Indar Parawansa di Jawa Timur pada Pilkada Serentak 2018. Journal of Politics and Policy, 4(1), 15–31. https://doi.org/10.21776/ub.jppol.2022.004.01.02.

Downloads

Published

27-03-2023

How to Cite

Komarudin, T. S. (2023). Melampaui Ambisi Pribadi: Mengubah Kepemimpinan dalam Pendidikan dari Agenda yang Didorong oleh Ego. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i1.4