Optimalisasi Kemandirian dan Jiwa Interpeunership Santri: Inovasi Manajemen Peserta Didik di Pesantren Terpadu

Authors

  • Mohammad Ridwan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Nurrobiyanto Nurrobiyanto Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Jaja Jahari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62070/kaipi.v2i1.46

Keywords:

Inovasi Manajemen Peserta Didik, Jiwa Kewirausahaan, Kemandirian Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi optimalisasi kemandirian dan semangat kewirausahaan di kalangan santri pesantren melalui manajemen inovatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di Pesantren Riyadlul 'ulum Wadda'wah Tasikmalaya. Pesantren yang dipilih memberdayakan para santri dengan memberikan kesempatan untuk mengelola berbagai usaha di lingkungan pesantren. Strategi keuangan ini tidak hanya melindungi stabilitas keuangan institusi, tetapi juga menumbuhkan rasa kepemilikan dan otonomi di kalangan santri. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman pembangunan kemandirian dan semangat kewirausahaan di pesantren. Hasil menunjukkan bahwa melibatkan santri dalam manajemen usaha internal dapat meningkatkan keterampilan kewirausahaan dan tanggung jawab keuangan mereka. Dengan demikian, model manajemen inovatif ini bukan hanya melibatkan santri secara aktif dalam kegiatan ekonomi pesantren, tetapi juga menciptakan lingkungan yang merangsang perkembangan kemandirian dan semangat kewirausahaan di kalangan peserta didik. Temuan ini memiliki implikasi penting dalam meningkatkan relevansi pesantren sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya fokus pada aspek keagamaan tetapi juga mempersiapkan santri untuk menjadi individu mandiri dan berwawasan bisnis.

References

Administrator. (2019). Pemenang 10 Besar OPOP JABAR 2019, Pesantren Condong Raih Rp.400.000.000,-. Https://Www.Condong-Online.Com/.

Alifa, H. L., Zahara, A. W., & Makfi, M. M. (2021). The Role of Islamic Boarding Schools in Creating Modern Industrial Entrepreneurs (Study at Aswaja Lintang Songo Islamic Boarding School). FIAI-UII Student Journal, at-Thullab, 2(2), 518–528.

Arwani, A., & Masrur, M. (2022). Pengembangan kemandirian ekonomi pondok pesantren. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2755–2764.

Awaluddin, M., Gani, I., & Awaluddin, S. P. (2023). Economic Business Development for the People Through Optimizing the Role of Islamic Boarding Schools in a Pandemic Period. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 7(1), 62–74.

Azizah, S. N., & others. (2014). Pengelolaan Unit Usaha Pesantren Berbasis Ekoproteksi. EKBISI: JURNAL ILMIAH FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, 9.

Chotimah, C. (2014). Pendidikan kewirausahaan di pondok pesantren sidogiri pasuruan. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 8(1), 114–136.

Haryono, E. (2022). PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN PESANTREN PERKUAT BASIS EKONOMI NASIONAL. Https://Www.Bi.Go.Id/.

Hasmayni, B., Siregar, F. H., & Aziz, A. (2019). Establishment of Character Through Boarding School Education in Students in Pondok Pesantren. 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019), 318–321.

Hindun, H. (2015). Perencanaan strategis dan prilaku manajerial lembaga-lembaga pendidikan. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 6, 56645.

Ilham, M., & Zakariya, N. A. (2022). Analisis Kebijakan Kementerian Agama RI Terkait Impelementasi Program Kewirausahaan di Pesantren Indonesia. Idarotuna, 4(1), 27–42.

Kasor, A., Pratikto, H., & Winarno, A. (2017). Spiritual entrepreneurship education in Islamic boarding school: a case study at Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, Each Jawa, Indonesia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(6), 392–403.

Lugina, U. (2018). Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren Di Jawa Barat. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1, March), 53–64.

Lukihardianti, A. (2019). Pemprov Jabar Beri Tambahan Modal ke 10 Ponpes Juara OPOP. Https://News.Republika.Co.Id/.

Mubarok, A. Z. (2019). MODEL PENDIDIKAN PESANTREN TERPADU DALAM MEMBINA KARAKTER DI ERA GLOBALISASI. QUALITY, 7(1).

Mubarok, H. E. S. (2023). KONSEP PENDIDIKAN PESANTREN SALAFI TERPADU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEMIMPIN, MANDIRI, DAN DISIPLIN.

Pratiwi, M. M. (2020). Peran Kepemimpinan Kiai Berbasis Entrepreneurship dalam Membentuk Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Al-Mawaddah Desa Honggosoco Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Tahun 2019/2020. IAIN KUDUS.

Priya, A. (2021). Case study methodology of qualitative research: Key attributes and navigating the conundrums in its application. Sociological Bulletin, 70(1), 94–110.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.

Ramadini, K. N., Hasanah, N., & Irfany, M. I. (2023). Business Strategy in Islamic Boarding School: A Case Study of Pesantren Hidayatullah Depok Indonesia. Bukhori: Kajian Ekonomi Dan Keuangan Islam, 3(1), 11–28.

Ridwan, M. (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PESANTREN TERPADU (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN RIYADLUL ULUM WADDA�AWAH CONDONG TASIKMALAYA). IJEMA: Indonesian Journal Of Educational Management and Administration, 1(1), 38–49.

Riswandi, I. (2016). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN TERPADU DI PESANTREN CONDONG. Https://Www.Pesantren-Condong.Net/.

Safi’i, I. (2020). Model kepemimpinan kyai dalam membentuk santri mandiri di era 4.0.

Salim Al Idrus, M. M. (2021). MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN: Membangun Kemandirian Pondok Pesantren. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Saripudin, A. (2024). 9 Rekomendasi Pesantren Populer di Tasikmalaya. Salah Satunya, masih Turunan Pahlawan Nasional Zaenal Mustofa Sumber Artikel berjudul "9 Rekomendasi Pesantren Populer di Tasikmalaya. Salah Satunya, masih Turunan Pahlawan Nasional Zaenal Mustofa. Https://Kabartasikmalaya.Pikiran-Rakyat.Com/.

Sarwenda, M. A. (2023). Kemandirian dan Sikap Entrepreneurship Santri di Pesantren. Publica Indonesia Utama.

Siswati, V. (2018). Pesantren terpadu sebagai solusi problematika pendidikan agama Islam di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 123–138.

Sugiono, M. A. A., & Indrarini, R. (2021). Kemandirian Dan Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Pesantren (Studi Kasus Pada Pesantren Al-Amanah Junwangi Krian). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(1), 88–98.

Sulistianingsih, D. (2019). Penanaman Jiwa Kewirausahaan Bagi Santri. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia (Indonesian Journal of Legal Community Engagement) JPHI, 2(1), 30–38.

Supeno, E. I. (2019). Strategi Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Dan Penguatan Daya Saing Industri Halal Dalam Upaya Pertumbuhan Ekonomi Indonesia: Edy Imam Supeno. EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari’ah & Bisnis Islam, 6(02), 79–94.

Syahputra, A., Ismaulina, I., Khairina, K., Zulfikar, Z., & Rofizar, H. (2022). Pendekatan Ekonomi Syariah Bagi Pemberdayaan Ekonomi Pesantren. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 118–132.

Tamami, M. H. (2022). Pesantren Terbaik dan Populer di Tasikmalaya, Nomor 5 Banyak Diminati. Https://Www.Liputan6.Com/.

Tan, C. (2012). Islamic education and indoctrination: The case in Indonesia (Vol. 58). Routledge.

Zakariya, K. P., Prakoso, L. Y., & Ratna Damayanti, A. D. (2019). Public Policy Analysis of Defense Areas and Defense Area Plan In Grati Pasuruan. The 3th Indonesia International Defense Sciense Seminar, 2, 483–490.

Zamakhsyari, D. (2015). Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, Anggota Ikapi.

Published

04-03-2024

How to Cite

Ridwan, M., Nurrobiyanto, N., Jahari, J., & Erihadiana, M. (2024). Optimalisasi Kemandirian dan Jiwa Interpeunership Santri: Inovasi Manajemen Peserta Didik di Pesantren Terpadu. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.62070/kaipi.v2i1.46