Pengembangan Modul Berbasis Life-Skill dalam Pembelajaran Matematika Materi Kecepatan pada Siswa Kelas V di SDN Mranggon Lawang 1 Probolinggo

Authors

  • Firna Nahwa Farihah Universitas Panca Marga, Probolinggo, Indonesia
  • Ribut Prastiwi Sriwijayanti Universitas Panca Marga, Probolinggo, Indonesia
  • Faridahtul Jannah Universitas Panca Marga, Probolinggo, Indonesia
  • Ludfi Arya Wardana Universitas Panca Marga, Probolinggo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62070/kaipi.v2i1.49

Keywords:

Modul, Life Skill, Kecepatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pada materi kecepatan untuk kelas V di SDN Mranggon Lawang Probolinggo dengan menggunakan pendekatan life skill. Modul ini dirancang secara sistematis dan mendukung pembelajaran mandiri. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu, angket validasi ahli materi, dan ahli media serta angket respon guru dan siswa. Pembelajaran menggunakan Modul berbasis Life Skill materi kecepatan yang mana konsepnya sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, sangat valid dan layak diterapkan pada kegiatan pembelajaran. Hasil validasi pada penelitian ini berdasarkan tingkat perolehan hasil kualifikasi valid/sangat valid yaitu ahli materi mendapat skor 90,6%, ahli media mendapatkan skor 87,5%. Dalam uji coba skala kecil angket kepraktisan guru mencapai  87,5% dan angket kemenarikan siswa mencapai 89%. Sedangkan untuk uji coba skala besar tingkat kepraktisan modul mencapai 94%, tingkat kemenarikan 91% .Uji coba lapangan dilakukan untuk mengukur kepraktisan Modul ini dalam meningkatkan pemahaman materi kecepatan dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti valid dan praktis dengan sedikit revisi, Modul yang dikembangkan oleh peneliti dapat dikatakan valid, praktis dan memudahkan siswa dalam proses belajar yang berlangsung

References

Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan UNY, 5(2), 124669. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/4747/4106

Cristiana, D. I., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Materi Suhu Dan Kalor Di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(2), 145–160. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3400

Jannah, F., & Irtifa’Fathuddi, T. (2023). Penerapan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka II UPT SD Negeri 323 Gresik. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 131-143.

Jannah, F., Hattarina, S., Lestari, A. A., Maulidya, N., & Fauziah, A. (2022, August). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di SD Negeri Gading Kulon II Kabupaten Probolinggo. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 324-334).

Nur Shaumi, A. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (LifeSkill) dalam Pembelajaran Sains di SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 240–252.Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.

Rulyansah, A., Sriwijayanti, R. P., Anjarwati, A., & Mariati, P. (2022). Powtoon sebagai Media Alternatif Bimbingan Belajar Online SDN Curahsawo 3 Kabupaten Probolinggo. Indonesia Berdaya, 3(2), 247-254

Kusmastuti,R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Berbasis Project Based Learning Di Kelas IV SD Gending 1.

Saila, N., Jannah, F., & Isyuniandri, D. (2023). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 3444-3451.

Salsabila, W. T., Faza, M. R., & Hidayat, M. R. (2021). Pendidikan Kecakapan Hidup Sebagai Solusi Pembelajaran Matematika di Era Merdeka Belajar dalam Menjawab Tantangan PISA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 105–118.

Sriwijayanti, R. P., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., & Pratiwi, E. Y. R. (2022). Pelatihan Menulis Kreatif dalam Konteks Cerita Anak Melalui Project-based Learning: Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 3(2), 367-372.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development, (Bandung:ALFABETA, Cet. 3, 2019) h. 28-29

Sumarjan, Pembelajaran Matematika Di SD Menyenangkan (Semarang: Formci Press, 2017).

Published

18-03-2024

How to Cite

Farihah, F. N., Sriwijayanti, R. P., Jannah, F., & Wardana, L. A. (2024). Pengembangan Modul Berbasis Life-Skill dalam Pembelajaran Matematika Materi Kecepatan pada Siswa Kelas V di SDN Mranggon Lawang 1 Probolinggo. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 2(1), 19–23. https://doi.org/10.62070/kaipi.v2i1.49