Internalisasi Lima Nilai Karakter Budaya Sunda dalam Pendidikan Kewirausahaan

Authors

  • Yudi Ruswandi Pendidikan Agama Islam, STAI Al-Mas’udiyah Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62070/kaipi.v2i1.54

Keywords:

Internalisasi, Nilai, Karakter, Budaya, Pendidikan, Kewirausahaan

Abstract

Data tentang Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di wilayah Kota Sukabumi menunjukkan bahwa secara berturut-turut dari tahun 2020-2022, yaitu: 11,15%, 7,07%, dan 7,39%. Angka tersebut merupakan angka yang masih cukup besar. Di mana sebagian besar di antaranya merupakan pengangguran intelektual yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Perguruan Tinggi Vokasi. Tingginya tingkat pengangguran berakar pada kurangnya ketersediaan lapangan kerja dan kualitas lulusan lembaga pendidikan. Oleh karena itu, data tersebut merupakan alasan rasional dan pentingnya dilakukan penelitian. Berdasarkan pada akar permasalahan, dirumuskan dua masalah yaitu: 1) bagaimana proses penanaman lima nilai karakter budaya Sunda?; 2) bagaimana pelaksanaan pendidikan kewirausahaan yang diintegrasikan dengan internalisasi lima nilai karakter budaya Sunda?. Diharapkan penelitian ini dapat mendeskripsikan proses proses penanaman lima nilai karakter budaya Sunda melalui proses pendidikan kewirausahaan secara terintegrasi di Pondok Pesantren Dzikir Al-Fath Sukabumi. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif naturalistik dengan metode kualitatif. Data digali dan dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis dalam tiga tahap (mereduksi data, memvisualisasikan data dan menarik kesimpulan/verifikasi data). Sesuai dengan hasil penelitian, bahwa proses internalisasi lima nilai karakter yang berakar dari budaya Sunda di Pondok Pesantren Dzikir Al-Fath dilaksanakan secara terprogram dan terpadu dalam pendidikan kewirausahaan melalui jalur formal dan informal.

References

Abdul Hamid (2020) ‘Metode Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), pp. 110–127. Available at: http://jurnal.upi.edu/file/06_Metode_Internalisasi_Nilai-Nilai_Akhlak_-_Abdul_Hamid1.pdf.

Abdussamad, Z. (2021) ‘Metode Penelitian Kualitatif’, in. Makasar: CV. Syakir Media Press, p. 235. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kualitatif/JtKREAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0.

Anggiani, S. et al. (2022) ‘The Capacity Building dalam Organisasi Bisnis dan Karakter Pengusaha Sukses’, Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 3(2), pp. 88–94. Available at: https://doi.org/10.35870/jpni.v3i2.72.

Arlupi Utami, D., Samsul Arifin, M.. and Mahaza; (2022) ‘Kewirausahaan’, in Kewirausahaan. Padang: Get Press, p. 154.

Ayu, I. et al. (2023) ‘Pendidikan Vokasi dan Pengembalian Upah’, 12(1), pp. 129–139.

Badan Pusat Statistik Kota Sukabumi (no date). Available at: https://sukabumikota.bps.go.id/indicator/6/279/1/tingkat-pengangguran-terbuka-menurut-jenis-kelamin-di-kota-sukabumi-dan-provinsi-jawa-barat.html (Accessed: 19 August 2023).

Candra, J. (2021) ‘Pencak Silat’, in. Sleman: Penerbit Deepublish. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=oAEoEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pencak+silat+untuk+membela+diri&ots=WnzD0tIdWW&sig=WsMvnd84yEaLMwYNMVFaL2_-uwc&redir_esc=y#v=onepage&q=pencak silat untuk membela diri&f=false.

Fauzan, R., Abidin Alaydrus, A.Z. and Fatima, I. (2023) ‘Studi Kelayakan Agribisnis’, in Studi Kelayakan Agribisnis. 1st edn. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=xoW_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA17&dq=Memulai+bisnis+harus+didahului+dengan+rencana+bisnis+yang+matang&ots=ovAAh91N-M&sig=QQEjiDwETYUYcMp_naX8p1pJfOE&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.

Floweria (2021) ‘The Sparking Ladies Muslimah Hijrah Role Model’, in. Jakarta: Elex Media Komputindo, p. 250. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/The_Sparkling_Ladies_Muslimah_Hijrah_Rol/53BMEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0.

Hadi Kusuma, R. (2020) ‘Konseling Kelompok Bebasis Nilai-Nilai Pesantren’, in M. Fuad (ed.). Palembang: Bening Media Publishing. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/KONSELING_KELOMPOK_BERBASIS_NILAI_NILAI/WqUbEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=ngaji+di+pesantren+adalah&pg=PA29&printsec=frontcover.

Harahap, A.Z. (2021) ‘Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini’, Jurnal Usia Dini, 7(2), p. 49. Available at: https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585.

Hidayat, A. and Machali, I. (2013) Pengelolaan Pendidikan, Journal of Chemical Information and Modeling. Bandung: PT Refika Aditama. Available at: http://digilib.uinsgd.ac.id/30324/1/01. Buku Pengelolaan Pendidikan.pdf.

Julia; (2018) ‘Orientasi Estetik Gaya Pirigan Kacapi Indung dalam Kesenian Tembang Sunda Cianjuran di Jawa Barat’, in. Sumedang: UPI Sumedang Press. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/Orientasi_Estetik_Gaya_Pirigan_Kacapi_In/1qJLDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1.

Kriswahyudi, G. (2022) ‘Membangun kewirausahaan dalam perspektif ekonomi Islam’, Srikandi JournalofIslamicEconomicandBanking, 1(1), pp. 57–66. Available at: https://doi.org/10.25217/srikandiv1i1.1335.

Kustanto, A. (2022) ‘Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai: Pilar Ekonomi Kerakyatan Dalam Dimensi Politik Hukum Integratif.’, Qistie, 15(1), p. 17. Available at: https://doi.org/10.31942/jqi.v15i1.6485.

Qadri Lazuardy, A., Hasna Nadhifah, N. and Kemuning, A.S. (2023) ‘Pandangan Hidup Islam sebagai Dasar Mencintai Lingkungan’, in. Yogyakarta: Jejak Pustaka. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/Pandangan_Hidup_Islam_Sebagai_Dasar_Menc/UOLPEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=definisi+lingkungan&pg=PA33&printsec=frontcover.

Rani Iswari, H. et al. (2023) ‘KEWIRAUSAHAAN Studi Kasus Dan Hasil Pemikiran’, in. Surabaya: SCOPINDO MEDIA PUSTAKA, p. 215.

Risambessy, A., Novrin Rehatta, P.R. and Tutupoho, S. (2022) ‘MENGUBAH SIKAP WIRAUSAHA MEMANFAATKAN TANTANGAN SEBAGAI PELUANG’, 3, pp. 682–688. Available at: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/4590/3135 (Accessed: 19 August 2023).

Rita Fiantika, F. et al. (2022) ‘Metodologi Penelitian Kualitatif’, in. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi, p. 214. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Kualitatif/yXpmEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=wawancara+semiterstruktur&pg=PA99&printsec=frontcover.

Rohman, F. (2021) ‘Tujuan pendidikan Islam pada hadis-hadis populer dalam Shahihain’, 10(3), pp. 367–380. Available at: https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.5107.

Rusdiana; and Nasihudin; (2018) ‘Kesiapan PTKIS dalam Mendukung Implementasi Surat Keterangan Pendamping Ijazah’, in Muhardi; (ed.). Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan LPPM UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sakul, J.A., Nainggolan, B.D. and Hutagalung, S. (2021) ‘Akulturasi Budaya “Sakasur, Sadapur, Sasumur, Salembur Dalam Penginjilan Berdasarkan Kisah Para Rasul 1: 8”’, SCRIPTA: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual, 12(2), pp. 142–154.

SastroAtmodjo, S. (ed.) (2021) ‘Pengantar Ilmu Komunikasi’, in. Bandung: CV. Media Sains Indonesia, p. 252.

Shandy Utama, A., Dewi, S. and Wijoyo, H. (2021) Entrepreneurship. Edited by A. Wijoyo. Solok: Penerbit Insan Cendekia Mandiri. Available at: https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/67275443/Hadion_Wijoyo_Edupreneurship-libre.pdf?1620627428=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DEdupreneurship.pdf&Expires=1692457243&Signature=gkN5wVIWA9BwHHAtm-HYEWKfKZbZXZz2iuYllg8bhuk3wHmnySu5~0-TJZ8.

Sri Danardana, A. et al. (eds) (2022) ‘Dinamika Identitas dalam Bahasa dan Sastra’, in. Bandung: PT Dunia Pustaka Jaya. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/Dinamika_Identitas_Dalam_Bahasa_dan_Sast/QPukEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=lahirnya+peribahasa+sunda&pg=PA82&printsec=frontcover.

Sugiarto (2022) ‘Metodologi Penelitian Bisnis’, in. Yogyakarta: ANDI, p. 372. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN_BISNIS/qTpcEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=teknik+observasi&pg=PA158&printsec=frontcover.

Sutisna, A. (2021) ‘Metode Kualitatif Bidang Pendidikan’, in. Jakarta: UNJ Press. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/METODE_PENELITIAN_KUALITATIF_BIDANG_PEND/Z_UfEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pendekatan+kualitatif+naturalistik.&pg=PA85&printsec=frontcover.

Ukulul Mufarriq, M. (2021) ‘MEMBENTUK KARAKTER PEMUDA MELALUI PENCAK SILAT’, 3(1), pp. 41–53. Available at: https://doi.org/10.15575/kp.v3i1.

Umrati; and Wijaya, H. (2020) ‘ANALISIS DATA KUALITATIF Teori KOnsep dalam Penelitian Pendidikan’, in. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, p. 287. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Data_Kualitatif_Teori_Konsep_da/GkP2DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=analisis+data+miles+dan+huberman&pg=PA114&printsec=frontcover.

Published

30-03-2024

How to Cite

Ruswandi, Y. (2024). Internalisasi Lima Nilai Karakter Budaya Sunda dalam Pendidikan Kewirausahaan. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 2(1), 24–33. https://doi.org/10.62070/kaipi.v2i1.54