Pengaruh Efektivitas Dan Kemudahan Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah
(Studi Kasus Mahasiswa STAI Siliwangi Garut)
DOI:
https://doi.org/10.62070/persya.v2i1.132Keywords:
Efektivitas, Kemudahan, Minat Bertransaksi, Mobile Banking, Bank Syariah, MahasiswaAbstract
Mobile banking, atau yang dikenal sebagai m-banking, adalah layanan perbankan yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan melalui telepon genggam atau smartphone. Generasi milenial, khususnya mahasiswa, sangat terkait dengan kemajuan teknologi, seperti terlihat dari ketergantungan mereka pada internet dan ponsel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efektivitas dan kemudahan terhadap minat mahasiswa dalam bertransaksi menggunakan mobile banking Bank Syariah. Studi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel probabilitas, di mana 82 mahasiswa dari total populasi 452 mahasiswa di STAI Siliwangi Garut menjadi responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik efektivitas maupun kemudahan secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan layanan mobile banking Bank Syariah.
References
Aditya Wardhana (Mahasiswa Fakultas komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom) Pengaruh kualitas layanan Mobile banking (M-Banking)Terhadap Kepuasan nasabah di Indonesia.
Amirullah. 2004. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu. Arikunto Suharsimi.2005. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.
Angela, Maya. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Pada PT BRI Cabang Ahmad Yani Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.
Anisa Fitri Iriani (Mahasiswa Institut Agama Islam Negri Palopo) yang berjudul Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking Pada nasabah Bank Syariah Mandiri Kota Palopo).
Awal Isgiyanto,. 2009 . Teknik Pengambilan Sampel pada Penelitian Non Eksrimental. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press..
Bungin B. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Darmadi.2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.
David Fred. 2016. Strategic Management and Konsep. Jakarta: Salemba Empat. Smadi, & Al Wbel.2017. Tehe Impact of E-Banking on the Commerce. Jurnal
Dominikus Dolet Unarajadjan. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Unika Atma Jaya.
Ghozali I,. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Edisi ke IV Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, Imam.2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss
Habibi, Zaky. 2014. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Syariah. Jurnal Universitas Brawijaya.
Hadi, S. dan Novi. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi Penggunaan Layanan Mobile Banking. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 5 No. 01.
Hironymus Ghodang dan Hantono. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif (Konsep Dasar & Aplikasi Analisis Regresi dan Jalus dengan SPSS). Medan: PT. Penerbit Mitra Grup.
Jahan, Nusrat & Golam S. 2021. Factors effecting customer of Mobile Banking in Bangladesh : a study on young users perspective. South Asian Journal of Marketing Emerald Publishing.
Jakarta:gramedia.
Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Kasmir.2001.Manajemen Perbankan Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Kasmir. 2005. Pemasaran Bank. Jakarta:Kencana.
Makmun Khairani. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja. Morissan.2015 Metode Penelitian Survei. Jakarta. Prenadamedia Group
Much Fatkul Anwar, Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kepercayaan dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga). Skripsi IAIN Salatiga, 2018.
Nikolaus Duli. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS Yogyakarta: Deepublish.
Riyadi, Imam Suyadi,Moch Suhir.Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat Terhadap Keputusan pembelian Secara Online (Surve terhadap pengguna Situs Website www.Kaskus.co.id) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 8 No. 1 Februarii 2014.
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2012). Management. Pearson.
Saifudin Azwar. 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santoso Sigih. 2019. Mahir Statistika Parametik Konseo dasar dan aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.
Sleman:Pustaka Felechia.
Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Sujarweni, V Wirata. 2016. Kupas Tuntas Penelitian Akutansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukirno, S. 2012. Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta: Selemba Empat.
Sunarto, Riduwan.2014. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, komunikasi dan bisnis. Bandung: Alfabeta.
Tampubolon. 2015. Bijak Ber-Electronic Banking. Jakarta: Prenadamedia.
Teknologi. vol. 29 No.130.
Tim pengembang ilmu pendidikan. 2007. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. PT Imperial Bhakti Utama.
Tulus Winarsunu. 2017. Statistik dalam Penelitian. Jakarta. Gramedia. Wiji Nurastusti. 2011. Teknologi Perbankan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
W.J.S. Poerwadarminta. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, Edisi III.
Wachidatus, S., & Marlena, N. (2018). Use of e-toll Cards: Satisfied Consumers? Jurnal Manajemen Motivasi, 14(2), 73. Dapat diunduh pada https://doi.org/10.29406/jmm.v14i2.1193.
Wulansari, Dessy Adhita. 2017. Aplikasi Statistika Paramerik dalam penelitian.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Muhamad Iskandar, Dedeng Sehabudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



