Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Akurasi Laporan Keuangan
DOI:
https://doi.org/10.62070/persya.v3i1.250Keywords:
Teknologi informasi, Akurasi laporan keuangan, Metode kualitatifAbstract
Perkembangan pesat teknologi informasi (TI) dalam dunia bisnis memberikan dampak signifikan terhadap proses akuntansi, terutama dalam hal meningkatkan akurasi laporan keuangan. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran teknologi informasi dalam mendukung peningkatan akurasi laporan keuangan pada perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur yang membahas berbagai aplikasi dan sistem TI yang telah diterapkan dalam bidang akuntansi. Berdasarkan hasil kajian, ditemukan bahwa teknologi informasi memungkinkan otomatisasi proses pencatatan transaksi keuangan, pengolahan data secara real-time, dan peningkatan transparansi dalam laporan keuangan. Sistem perangkat lunak akuntansi dan Enterprise Resource Planning (ERP) memainkan peran utama dalam memastikan ketepatan data dan mengurangi risiko kesalahan manusia. Selain itu, penggunaan TI juga berkontribusi dalam meminimalisir manipulasi data, meningkatkan efisiensi waktu, serta mempermudah proses audit dan pengawasan. Meskipun demikian, implementasi TI memerlukan pelatihan dan adaptasi yang tepat dari sumber daya manusia agar manfaat teknologi dapat dimaksimalkan. Dengan demikian, penggunaan teknologi informasi tidak hanya meningkatkan akurasi laporan keuangan, tetapi juga meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dalam manajemen keuangan perusahaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi TI dalam proses akuntansi memberikan dampak positif yang signifikan terhadap akurasi dan keandalan laporan keuangan perusahaan
References
Dharma, B., Ramadhani, Y., & Reitandi, R. (2024). Pentingnya laporan keuangan untuk menilai kinerja suatu perusahaan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 137–143.
Indrayani, N. L. A. (2022). Penerapan Sistem Enterprise Resource Planning (Erp) Pada Perusahaan Jasa Konstruksi. CRANE: Civil Engineering Research Journal, 3(2), 11–16.
Kurniawan, E. C., Soeherman, B., & Sutedjo, S. (2023). Disrupsi Teknologi dalam Kantor Jasa Akuntan: Sebuah Peringatan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 14(1), 50–74.
Nafsi, F. S., & Kusuma, Y. B. (2023). Penerapan Digital Marketing Pada E-Commerce Dan Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk PT Behaestex. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(3), 156–166.
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Susilawati Sugiana, N. S., & Musty, B. (2023). Analisis Data Sistem Informasi Monitoring Marketing; Tools Pengambilan Keputusan Strategic. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi.
Utari, R., & Harahap, J. P. R. (2024). Analisis Sistem Informasi Akuntansi dalam Meningkatkan Efisiensi Pelaporan Keuangan Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 2(4), 362–376.
Wulandari, I. W., & Hwihanus, H. (2023). Peran Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengaplikasian Enkripsi Terhadap Peningkatan Keamanan Perusahaan. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(1), 11–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Saddam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



