Analisis Pengaruh Lingkungan Fisik Kelas terhadap Minat Aktivitas Belajar Anak Usia Dini

Authors

  • Rina Nurdiana Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi, Garut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62070/thufuli.v1i1.16

Keywords:

Lingkungan Fisik, Minat Belajar, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji dan memahami secara mendalam pengaruh lingkungan fisik kelas terhadap minat dan aktivitas belajar anak usia dini. Dalam konteks pendidikan anak usia dini, lingkungan belajar memainkan peran krusial dalam membentuk pengalaman belajar dan perkembangan kognitif anak. Oleh karena itu, studi ini berfokus pada elemen-elemen lingkungan fisik seperti desain interior, palet warna, pencahayaan, dan suhu ruangan, serta bagaimana elemen-elemen tersebut saling berinteraksi untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Metodologi penelitian ini menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Observasi langsung terhadap lingkungan kelas dilakukan di beberapa taman kanak-kanak, disertai dengan distribusi kuesioner kepada guru untuk menilai persepsi mereka terhadap lingkungan belajar. Selain itu, serangkaian wawancara mendalam dilakukan dengan para pendidik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang bagaimana lingkungan fisik mempengaruhi proses pembelajaran anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara lingkungan fisik kelas yang merangsang dengan peningkatan minat dan aktivitas belajar pada anak usia dini. Kelas yang didesain dengan warna-warna cerah, pencahayaan yang baik, dan suhu ruangan yang nyaman cenderung meningkatkan konsentrasi dan antusiasme belajar anak. Temuan ini menegaskan pentingnya mempertimbangkan aspek-aspek lingkungan fisik dalam perancangan ruang kelas untuk mendukung perkembangan intelektual dan emosional anak usia dini. Kesimpulan dari studi ini menekankan bahwa desain lingkungan fisik kelas yang sesuai tidak hanya meningkatkan kualitas pengalaman belajar anak usia dini, tetapi juga memberikan dampak positif yang berkelanjutan pada minat dan keaktifan mereka dalam belajar.

References

Afifah, N. (2021). Integrasi Alam dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Palembang: Rajawali Pers.

Anggraini, L. (2018). Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Malang: UB Press.

Firdaus, O. (2020). Kesehatan dan Keselamatan di Lingkungan Sekolah. Medan: Mitra Edukasi.

Hartono, R. (2021). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Surabaya: Cakra Ilmu.

Kusuma, W. A. (2019). Peran Pendidik dalam Membangun Lingkungan Belajar Anak. Makassar: Inovasi Pendidikan.

Prasetyo, Z. dan Kurniawan, D. (2018). Desain Interior Ruang Kelas untuk Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Putra, A. H. P. (2022). Strategi Menciptakan Lingkungan Belajar yang Efektif. Denpasar: Udayana University Press.

Sari, P. M., & Nugroho, R. (2017). Inovasi Pendidikan di Era Digital. Semarang: Universitas Diponegoro Press.

Setiawan, A. B. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Siswa. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wahyuni, S. (2020). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Downloads

Published

2023-04-30